Advertise

free counters

Total Tayangan Laman

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

Ads 468x60px

Search

Memuat...

Featured Posts Coolbthemes

 

Cara Mengatasi Error: 3 Ketika Melakukan Update Google Chrome

0 komentar
Beberapa hari yang lalu seorang pengunjung Dunia Komputer, Miftah, berkomentar di artikel cara update Google Chrome. Pada komentarnya Miftah mengatkan menglami error ketika melakukan update Google Chrome seperti yang saya sebutkan pada artikel tersebut. Berikut kutipan komentar dari Mitfah:
mas kalo di jendela aboutnya ada text update server not available [error: 3]. Tombol buat updatenya gak ada itu gimana? Sekarang saya pake chrome versi 10.00 dan saya baca di blognya chrome udah ada yg versi 12nya.
mohon penjelasanyya thx
Saya mencoba mencari informasi mengenai error 3 saat update Google Chrome ini pada halaman support Google Chrome dan kebetulan ada penjelasan mengenai error ini beserta cara mengatasinya. Berikut penjelasan mengenai masalah update server not available [error: 3] ketika update Google Chrome.
Penyebab munculnya update server not available [error: 3] saat update Google Chrome
Menurut support Google Chrome, error: 3 saat melakukan update Google Chrome terjadi karena Google Chrome gagal berkomunikasi dengan Google Update. Ada dua penyebab terjadinya error ini yaitu:
  1. Google Update (GoogleUpdate.exe) yang berfungsi melakukan update Google Chrome tidak teregister ke system dengan baik.
  2. Bagi Anda pengguna Windows 7 atau Windows Vista mungkin saja telah mengatur Google Chrome agar selalu run as administrator.
Namun setelah saya pelajari kemungkinan besar penyebabnya adalah hanya pada poin pertama yaitu oleh karena Google Update (GoogleUpdate.exe) yang berfungsi melakukan update Google Chrome tidak teregister ke system dengan baik. Kenapa saya beranggap seperti itu? Sebab setelah saya coba menjalankan Google Chrome dengan cara run as admninistrator, Google Chrome masih bisa saya update.
Cara mengatasi update server not available [error: 3] saat update Google Chrome
Seperti yang saya sebutkan tadi, kemungkinan penyebab terbesar google chrome mengalami [error:3] saat update adalah karena Google Update tidak teregister dengan baik. Untuk mengatasinya Anda bisa mencoba solusi berikut:
  1. Pertama coba buka Windows Explorer. Kemudian buka folder pada path berikut:
    C:\Users\USERNAME_ANDA\AppData\Local\Google\Update\ (untuk Windows 7 dan Vista)
    C:\Documents and Settings\USERNAME_ANDA\Local Settings\Application Data\Google\Update\ (untuk Windows XP) Catatan:
    • Ganti huruf C dengan huruf drive tempat Windows Anda terinstal. Misalnya Windows Anda terinstall di drive D:, maka pathnya menjadi:
      C:\Users\USERNAME_ANDA\AppData\Local\Google\Update\
    • Ganti USERNAME_ANDA dengan Username yang Anda gunakan di komputer. Misalnya seperti saya menggunakan username Adit, maka path-nya menjadi:
      C:\Users\Adit\AppData\Local\Google\Update\
  2. Periksa pada folder yang saya disebutkan diatas, apakah Anda menemukan file bernama GoogleUpdate.exe atau GoogleUpdateOnDemand.exe.
    Google Update.exe
    Klik gambar untuk memperbesar
    Jika tidak ada, solusinya adalah Anda harus menginstall ulang Google Chrome.
    Jika file ini ada, lanjutkan ke langkah ke-3.
  3. Jika file GoogleUpdate.exe atau GoogleUpdateOnDemand.exe ada pada direktori yang saya sebutkan pada poin 2 tadi, mungkin saja key Google Update di registry hilang. Untuk itu lakukan langkah berikut:
    • Buka Registry Editor dengan cara klik Start » Run. Ketik “regedit” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter.
    • Di jendela Registry Editor buka path:
      HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID\{2F0E2680-9FF5-43C0-B76E-114A56E93598}\LocalServer32
    • Kemudian di jendela sebelah kanan lihat pada value Default. Isi dari value Default ini seharusnya adalah path dari GoogleUpdate.exe atau GoogleUpdateOnDemand.exe. Contohnya, jika Anda pengguna Windows 7, isi dari value ini adalah:
      “C:\Users\USERNAME_ANDA\AppData\Local\Google\Update\GoogleUpdate.exe”
      (ganti USERNAME_ANDA dengan username yang Anda gunakan di komputer).
    • Key Registry - Update Google Chrome
      Klik gambar untuk memperbesar
    • Jika value-nya tidak sesuai maka ganti value tersebut dengan path dari GoogleUpdate.exe atau GoogleUpdateOnDemand.exe dengan cara klik 2 kali (double click) pada value default tersebut. Pada jendela Edit String yang muncul isi dengan path dari GoogleUpdate.exe atau GoogleUpdateOnDemand.exe. Contohnya di komputer saya dengan username Adit dan file GoogleUpdate.exe maka value yang saya ini adalah:
      “C:\Users\Adit\AppData\Local\Google\Update\GoogleUpdate.exe”.
      Jangan lupa menyertakan tanda kutip di awal dan di akhir path. Selanjutnya klik OK.
Sekarang coba untuk melakukan update Google Chrome dengan cara yang saya berikan di tutorial cara update Google Chrome. Semoga berhasil!

Leave a Reply

Silahkan berkomentar..

Labels

 
Ziefie © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here