Cara Mematikan AutoPlay pada Windows XP

0 komentar

Sebenarnya cara mematikan fitur auto play pada Windows sebenarnya sudah pernah saya posting pada artikel tips menghindari serangan virus. Pada artikel tersebut saya juga mengungkapkan alasan kenapa fitur AutoPlay pada Windows sebaiknya di nonaktifkan. Alasannya adalah fitur ini sering dimanfaatkan para pembuat virus agar virus mereka secara otomatis berjalan ketika Anda memasang flashdisk yang sudah terinfeksi virus ke komputer. Nah, pada hari ini saya khusus memposting artikel tentang cara menonaktifkan fitur autoplay pada Windows XP. Tujuannya agar artikel yang memang khusus membahas cara mematikan AutoPlay pada Windows XP.
Sebelum saya memberikan langkah-langkah mematikan fitur AutoPlay pada Windows XP, sebaiknya saya juga memberikan langkah-langkah mematikan AutoPlay pada Windows XP. Sekedar mengingatkan Anda dan sebagai pembanding saja. Sedangkan untuk Windows Vista, cara mematikan autoplay sama dengan di Windows 7. Berikut cara mematikan autoplay pada Windows XP:
  1. Klik Start » Run. Ketika “gpedit.msc” (tanpa tada kutip) dan tekan Enter.
  2. Pada jendela Group Policy Editor, pada sisi jendela sebelh kiri (tree view) klik User Configuration » Administrative Template » System.
  3. Group Policy Tree
  4. Kemudian, pada sisi jendela sebelah kanan, double klik Turn Off Autoplay untuk membuka jendela pengaturannya.
  5. Group Policy Turn Off AutoPlay
  6. Di jendela Turn off Autoplay Properties, pada tab Setting tandai pilihan Enable. Setelah itu, pada pilihan Turn off Autopaly on anda bisa memilih antara CD-ROM Drives atau All Drives. Jika Anda memilih opsi CD-ROM Drives maka fitur AutoPlay hanya dimatikan pada CD/DVD saja. Sedangkan jika Anda memilih opsi All Drives maka fitur autoplay pada semua drive seperti CD/DVD dan removable drive akan dimatikan.
  7. Turn Off AutoPlay Properties
  8. Terakhir, klik tombol OK untuk menyimpan pengaturan dan menutup jendela Turn off Autoplay Properties.
Kini fitur AutoPlay pada Windows XP Anda telah nonaktif. Ketika Anda memasukkan CD/DVD atau Removable drive seperti falshdisk ke komputer, maka jendela AutoPlay tidak akan muncul lagi.
Sekian tutorial cara mematikan AutoPlay pada Windows XP. Semoga bermnfaat dan selamat mencoba. Bagi Anda pengguna Windows 7 dan Vista, pada artikel selanjutnya saya kan memberikan cara mematikan AutoPlay pada Windows 7 dan Vista. Jadi jika Anda belum berlangganan artikel, silahkan berlangganan artikel melalui email atau RSS Feed dengan mengklik salah satu pilihan disebelah kanan blog ini. Dengan berlangganan artikel, setiap artikel komputer terbaru dari blog ini akan dikirm kepada Anda secara gratis.

Leave a Reply

Silahkan berkomentar..

Labels

 
Ziefie © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here